Jumat, 05 November 2010

2. Manajemen dan Manajer

- Tingkatan Manajemen
Tingkatan Manajemen adalah organisasi berstruktur tradisional Manajer, yang dikelompokan menjadi 3 tingkatan yaitu mulai manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama.

Tingkatan manajemen dan manajer.
Tiga tingkatan tersebut yaitu:
1. Manajemen Puncak (Top Management)
Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan merumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.

2.Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen menengah harus memiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer bertanggungjawab melaksanakan reana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.

3.Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Pada tngkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, atrinya keahlian yahng mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi, mandor (foreman).


- Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu di proses manajemen yang akan dijadikan menjadi acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen ada lima yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar