Sabtu, 08 Januari 2011

Penyebab Kendaraan Mesin 4 Tak Mengeluarkan asap


Menurut Kalian yang tau penyebab hal tersebut.

Menurut aku, hal ini disebabkan karena pemilik kendaraan jarang memperhatikan pelumas piston mesin (oli). Karena jika rpm km kendaraan menuntut untuk ganti oli atau oli sudah encer / tak ada lagi kekentalan, maka ring piston akan bergesekan dengan blok mesin sehingga menjadi panas, terluka dan menghasilkan pembuangan pembakaran tidak sempurna / mengeluarkan asap.

Hal ini memang tidak langsung membuat mesin mati total, tetapi jika tidak langsung ditangani maka mesin akan mati total sehingga harus turun mesin dan booring. Namun jika booring, siap-siaplah mengeluarkan dana yang besar untuk memperbaiki kendaraan tersebut.


Karena booring itu adalah pembongkaran semua komponen yang ada didalam mesin, walaupun hanya memperbaiki ring piston dan piston. Jika blok mesin juga luka parah maka blok ini tidak bisa lagi digunakan sehingga disarankan untuk membeli blok mesin atau mesin baru. Blok mesin yang sudah luka, akan mengangu kinerja piston dengan blok sehingga tetap menimbulkan asap.

Tidak mau kan, dengan kejadian tersebut, makanya rajin memperhatikan oli mesin kendaraan. Jika sudah sebulan, atau rpm km kendaraan menuntut untuk ganti oli segera lah ganti. Lebih baik mencegah dari pada mengeluarkan dana gede sehingga membuat kantong menjadi kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar