Minggu, 09 Januari 2011

Ikan IAN, Pengganti Ikan Mas di Acara Batak

Apakah Anda mengenal jenis ikan ini??????

Suku Batak pasti sudah mengenal banget dengan jenis ikan ini. Suku Batak menamakan jenis ikan yakni Ikan IAN. Ikan tersebut pernah dijadikan lambang makanan khas, sebagai pengganti ikan Mas.

Lambang makanan khas dibuat pas lagi ada acara batak, seperti acara pernikahan, acara keluarga dan acara ultah. Jenis ikan ini sangat langkah, jarang ditemukan. Ikan ini biasanya hidup di sungai air bersih dari mata air pengunungan. Ikan ini saya dapat dari banda aceh, Sidikalang. Dilihat dari gambar, ikan ini terlihat sangat unik, dengan warna sisik yang diusungnya.

Panjang ikan ini bisa mencapai satu meter, dengan warna agak kehitaman dan agak kekuningan. Saya memelihara ikan mencapai sekitar seratus ekor, dan lumayan sangat rumit untuk merawatnya.

Dimana dua kali sehari dikasih makan dan sekali seminggu dibersihkan kolamnya, setelah dibersihkan dan di isi kembali airnya, dikasih garam anti jamur dan dikasih obat anti jamur.

Setelah airnya bersih, dan dikasih garam, ikan ini langsung lincah bergerak kesana- kesini, dimana juga ia bisa loncat tinggi dari kolam.

Ikan IAN merupakan ikan langkah, dimana jarang ditemukan ikan ini disungai manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar